Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

https://pmb.umbandung.ac.id/depan/pendaftaran

Lebih Baik Kuliah di Universitas Muhammadiyah Bandung

Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB) memberikan keringanan biaya kuliah hingga 50% kepada 5.000 mahasiswa baru yang berdomisili di Jawa...

Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB) memberikan keringanan biaya kuliah hingga 50% kepada 5.000 mahasiswa baru yang berdomisili di Jawa Barat pada tahun ajaran 2020.
Mahasiswa baru penerima keringanan tersebut hanya perlu membayar 50% biaya iuran semester dan  biaya pembangunan kampus dari biaya normal. Persyaratan domisili mahasiswa baru dapat dibuktikan dengan keterangan dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Keringanan ini tidak hanya diberikan kepada mahasiswa baru dengan status ekonomi yang tidak mampu, namun juga diberikan kepada mahasiswa dengan satus ekonomi mampu. Hebatnya, keringanan sebesar 50% ini akan diberikan hingga mahasiswa selesai menempuh kuliah semester kedelapan.

"Keringanan biaya kuliah ini merupakan kontribusi Universitas Muhammadiyah Bandung dalam rangka meningkatkan angka partisipasi kasar pendidikan di Jabar," kata Suyatno selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Bandung saat berkunjung ke Kantor Harian Umum Pikiran Rakyat, Rabu, 5 Februari 2020.

Ada 18 program studi unggulan yang dapat dipilih oleh mahasiswa baru di berbagai Fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Bandung. Diantaranya adalah Fakultas Sains Teknologi yang memiliki 6 program studi yaitu Teknik Industri, Teknik Elektro, Informatika, Farmasi, Teknologi Pangan Halal, dan Bioteknologi. 

Fakultas Sosial dan Humaniora yang memiliki 5 Program studi unggulan yaitu, Ilmu Komunikasi, Psikologi, Agribisnis, Administrasi Publik dan Kriya. Untuk Mahasiswa yang tertarik mempelajari dunia Ekonomi dan Bisnis, terdapat Fakultas Ekonomi dan Bisnis di UMB yang memiliki 2 program studi, Akuntansi dan Manajemen. 

Dan untuk mahasiswa yang tertarik mempelajari disiplin ilmu keislaman, terdapat Fakultas Ilmu Keislaman yang memiliki beberapa Program studi terbaik antara lain Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam untuk Anak Usia Dini, Hukum Keluarga Islam, Komunikasi Penyiaran Islam, dan Ekonomi syariah.

Dengan program keringanan biaya kuliah tersebut, Universitas Muhammadiyah Bandung mempersiapkan tenaga pengajar yang kompeten dan berkualitas, sebagai bentuk persiapan menyambut jumlah mahasiswa pendaftar yang semakin banyak.

"Kami menambah dosen-dosen yang berpendidikan S3. Kami juga menyekolahkan dosen-dosen yang S2 untuk melanjutkan ke S3 di perguruan tinggi terbaik," ujar Suyatno.

Kini Universitas Muhammadiyah Bandung telah empat tahun berdiri sejak tahun 2016, dan selama itu juga telah melakukan pengembangan dalam aspek tenaga pengajar atau dosen. Kini setiap Program Studi memiliki lebih dari 6 dosen berkompeten dan berpengalaman dan akan terus ditambah seiring dengan rasio jumlah dosen dan mahasiswa yang juga terus meningkat.


Kurikulum

Universitas Muhammadiyah Bandung memiliki tujuan atau visi untuk menjadi Universitas yang mengedepankan 3 aspek penting yaitu nilai islam, teknologi dan entrepreneur. Atau dalam proses perkuliahan visi ini memiliki istilah Islamic Technopreneur University. Maka dalam prakteknya, didalam sistem perkuliahan di universitas Muhammadiyah Bandung selalu disergikan dengan 3 aspek tersebut.

"Ambil jurusan apapun, tiga pilar itu harus masuk. Tidak dibatasi jurusan agama hanya belajar agama saja," ucap Suyatno. Untuk mewujudkan visi tersebut Universitas Muhammadiyah Bandung menyediakan fasilitas yang memadai sejak 2019, ini agar mendukung proses pendidikan dengan baik salah satunya adalah gedung megah yang telah selesai dibangun di Jalan Soekarno Hatta.

Dengan kelengkapan fasilitas, yang didukung dengan tenaga pengajar dan kurikulum yang baik, Suyatno yakin Universitas Muhammadiyah Bandung dapat mencetak lulusan yang dapat menjadi entrepreneur handal. Beliau menambahkan bahwa berhasilnya pendirian Universitas Muhammadiyah di Jawa Barat merupakan hal yang didambakan pimpinan-pimnpinan Muhammdiyah.

Dua sekolah tinggi milik muhammadiyah yaitu STIE Muhammadiyah Bandung dan Sekolah tinggi Agama Islam Muhammadiyah Bandung dalam waktu dekat akan bergabung di dalam Universitas Muhammdiyah Bandung.

Ayo kunjungi segera klik kuliah lebih baik

Universitas Muhammadiyah Bandung
Jl. Soekarno Hatta No.752, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614
Telp. 0812-1000-6276

https://maps.app.goo.gl/dECWoGFwKmMT3pNb6

https://pmb.umbandung.ac.id/depan/pendaftaran