Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

SMP Muhammadiiyah PK Kottabarat Gelar Semarak Bulan Bahasa

 SMP Muhammadiiyah PK Kottabarat Gelar Semarak Bulan Bahasa. SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta, menggelar kegia...

SMP Muhammadiiyah PK Kottabarat Gelar Semarak Bulan Bahasa
 SMP Muhammadiiyah PK Kottabarat Gelar Semarak Bulan Bahasa. SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta, menggelar kegiatan Semarak Bulan Bahasa pada Jumat (26/102018). Kegiatan ini, diikuti 237 siswa dari kelas 7, 8, dan 9.
Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengikhtiarkan terjadinya keseimbangan tentang  keutamaan pemakaian bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing.
Aryanto, Humas SMP Muhammadiyah PK Surakarta mengatakan, sekolah ingin mengajarkan kepada siswa untuk terampil berbahasa dengan baik dan benar. Menurutnya, Bahasa Inggris harus dikuasai, karena merupakan kebutuhan  siswa dalam menjawab tantangan masa depan dan pergaulan internasional. Namun, Aryanto mengingatkan, agar tidak boleh ada kesan meminggirkan bahasa Indonesia apalagi bahasa daerah terutama bahasa Jawa. “Maka dari itu kami konsep kegiatan Bulan Bahasa kali ini dengan perlombaan yang mencakup kesemua bahasa tersebut di antaranya keterampilan bahasa Indonesia, bahasa Jawa, bahasa Inggris, dan bahasa Arab,” ujarnya.
Sesuai dengan tema kegiatan ini adalah Gunakan Bahasa Indonesia, Pelihara Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing, Aryanto mengajak, siswa untuk mengikhtiarkan diri menguasai ketiga bahasa tersebut untuk menjawab kebutuhan dan tantangan masa depan.
Ia menjelaskan, saat ini ada kesan mengutamakan bahasa asing dengan meremehkan pemakaian bahasa Indonesia bahkan bahasa Jawa. “Seperti terdapatnya berbagai intensitas kegiatan siswa mengikuti berbagai kursus keterampilan bahasa Inggris dan berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Hal tersebut bertolak belakang dengan kecenderungan mempelajari bahasa Jawa,” ujarnya.
Menurutnya, masalah peminggiran bahasa Indoensia itu perlu segera diurai. Salah satunya, dengan mengajak siswa untuk mengikhtiarkan belajar Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa, serta menguasai Bahasa Inggris.
Kusmira Dwi Ayuani, ketua Pelaksana Kegiatan Bulan Bahasa 2018 menjelaskan, acara dimulai dari pukul 07.30 hingga pukul 14.30 WIB. “Seharian  siswa akan memacu kompetensi diri dalam perlombaan Bahasa,” ujarnya.
Kusmira menambahkan, perlombaan bahasa tersebut dikelompokkan untuk perlombaan individu dan kelompok. Perlombaan individu antara lain, lomba pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Inggris, pidato bahasa Arab, membaca puisi, membaca geguritan, story telling, menulis cerpen, menulis puisi, resensi buku, fotografi.
Perlombaan kelompok, antara lain musikalisasi puisi dan short movie. Puncak kegiatan tersebut adalah penyerahan hadiah kepada pemenang yang diselingi dengan berbagai hiburan penampilan kreativitas siswa.
“Harapan dari kegiatan perlombaan ini adalah ada keseriusan siswa untuk meningkatkan kompetensi keterampilan bahasa Indonesia, bahasa Jawa, bahasa Inggris, dan bahasa Arab, sehingga menjadi bekal mereka untuk bisa eksis dalam kancah pergaulan domestik dan internasional,” ujarnya.


from Menara62 https://ift.tt/2ShVI7s
via gqrds

WISATA

BISNIS

HIBURAN

OLAHRAGA

ACEH

SUMATERA UTARA

SUMATERA BARAT

RIAU

KEPULAUAN RIAU

JAMBI

BENGKULU

SUMATERA SELATAN

BANGKA BELITUNG

LAMPUNG

BANTEN

JAWA BARAT

JAKARTA

JAWA TENGAH

YOGYAKARTA

JAWA TIMUR

BALI

NUSA TENGGARA BARAT

NUSA TENGGARA TIMUR

KALIMANTAN BARAT

KALIMANTAN SELATAN

KALIMANTAN TENGAH

NUSA TENGGARA TIMUR

KALIMANTAN BARAT

KALIMANTAN SELATAN

KALIMANTAN TENGAH

KALIMANTAN TIMUR

KALIMANTAN UTARA

GORONTALO

SULAWESI SELATAN

SULAWESI TENGGARA

SULAWESI TENGAH

SULAWESI UTARA

SULAWESI BARAT

MALUKU

MALUKU UTARA

PAPUA

PAPUA BARAT

PAPUA SELATAN

PAPUA TENGAH

PAPUA PEGUNUNGAN

Iklan Halaman Depan