Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Qurban Ramah Lingkungan sebagai Ihsan terhadap Manusia dan Alam

Qurban Ramah Lingkungan sebagai Ihsan terhadap Manusia dan Alam M emperingati hari raya Idul Adha 1440 H kali ini , Universitas Muh...

Qurban Ramah Lingkungan sebagai Ihsan terhadap Manusia dan Alam

Memperingati hari raya Idul Adha 1440 H kali ini, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) melakukan pemotongan dan penyaluran secara serentak dilakukan satu hari setelah pelaksanaan sholat Idul Adha. Puncak prosesi dilaksanakan  pada tangga 12 Agustus 2019 dengan lokasi pemotongan 4 titik yaitu bertempat di Kampus B FKIP UHAMKA, Kelurahan kampung Rambutan, Pasar Rebo sebagai pusat pemotongan dan pendistribusian daging hewan kurban, Kampus Farmasi Klender JakartanTimur, Yayasan Cempaka Putih, Rempoa, Bintaro, Pesanggrahan. serta di kampus UM Bandung.

Kurban kali ini dapat dikatakan istimewa dikarenakan ramah lingkungan serta dapat berkerjasama dengan berbagai instansi lain seperti BNI Syariah, PP Urban, Era Teknik, Askrindo Induk, Askrindo Mitra Utama dan Askrindo  Syariah serta yang lainnya.

Pada kurban kali ini menargetkan 3000 Mustahiq, dengan sistem pembagian yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bekerjasama dan berkoordinasi dengan 20 RT (Rumah Tangga) untuk mendata penerima daging kurban,  lalu kemudian mendatangi rumah-rumah, sehingga warga tidak perlu antei berlama-lama di kampus untuk mengantri daging. Jelas Dr. Bunyamin, M.Pd.i  wakil rektor 4 UHAMKA dalam sambutannya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa kurban kali ini mengusung program Qurban Go Green, yaitu pemanfaatan besek yang terbuat dari bambu dengan alas daun pisang untuk menggantikan kantong plastik, besek yang berbahan dasar bambu tersebut tentu saja ramah lingkungan. Ini satu langkah positif dari kita, mudah-mudahan bisa menjadi contoh untuk orang lain, tambah beliau   
Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengkurban syar’i yang telah memberikan kepercayaan kepada UHAMKA, mengakhiri sambutannya.

Sambutan Direktur Lazismu UHAMKA Deni Nuryadi, M.Si, menyampaikan bahwa panitia telah mendistribusikan  3000 buah besek. Peningkatan jumlah penerima manfaat daging kurban kali ini seiring dengan meningkatnya jumlah hewan kurban yang diserahkan ke LAZISMU UHAMKA. Kerjasama dengan beberapa perusahaan eksternal  dapat dijadikan media atau wadah atau ajang kegiatan sosial bagi perusahaan disebut juga  CSR (Corporate Social Responsibility).

Sedangkan Amirudin, M.Pd.i selaku koordinator pelaksana kurban di kampus FKIP UHAMKA memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi sehingga pelaksanaan kegiatan berjalan lancar, penghimpunan dana dari Civitas Akademik Uhamka, instansi, dan perorangan, dengan perincian sebagai berikut:

Jumlah Sapi  dari Internal dan Rekanan Sejumlah: 17 ekor
- Askrindo induk: 1 ekor
- Askrindo Mitra Utama: 1 ekor
-  Askrindo Syariah: 1 ekor
- BNI Syariah: 1 ekor
- CV Era Teknik: 1 ekor
- PT. PP Urban: 1 ekor
- UHAMKA Pekurban: 4 ekor
- Infaq Pimdoskar: 6 ekor
- Pekurban Dosen FKIP :  1 ekor   

Lokasi Penyembelihan dan Pendistribusian hewan kurban sapi :
- FKIP: 13 ekor
- FFS: 2 ekor
- Rempoa: 1 ekor
- UM Bandung: 1 ekor

Jumlah Kambing :
- Rekanan  dan alumni:  14 ekor
- Pekurban Syar’I dosen & pim: 3 ekor
- Infaq pimdoskar: 4 ekor
- Infaq pimdoskar untuk LPCR:  33  Pembelian Kambing berjumlah 54 ekor

Penyaluran hewan kurban kambing  :
-  FKIP 21 EKor
-  PT Utama 1 ekor
-  LPCR: 33 ekor, 

Penyaluran dalam bentuk tunai berdasarkan  proposal yang masuk baik dari pcm, ranting, yayasan, sekolah dan lain-lain dengan paket nilai transfer  kambing seharga Rp 2.500.000,-

Kegiatan Kurban dibuka secara resmi oleh Dr. Bunyamin, M.Pd.i, dilanjutkan dengan serah terima hewan Kurban secara simbolik oleh Wakil Rektor 4 dan Direktur Lazimu UHAMKA kepada panitia pelaksana.

Acara dilanjutkan dengan prosesi pemotongan hewan kurban, pencacahan daging, dan penyaluran daging kurban. Prosesi kurban juga ikut diramaikan oleh civitas akademik FKIP UHAMKA, Santri Pesma Buya Hamka, dan Masyarakat sekitar kampus.

WISATA

BISNIS

HIBURAN

OLAHRAGA

ACEH

SUMATERA UTARA

SUMATERA BARAT

RIAU

KEPULAUAN RIAU

JAMBI

BENGKULU

SUMATERA SELATAN

BANGKA BELITUNG

LAMPUNG

BANTEN

JAWA BARAT

JAKARTA

JAWA TENGAH

YOGYAKARTA

JAWA TIMUR

BALI

NUSA TENGGARA BARAT

NUSA TENGGARA TIMUR

KALIMANTAN BARAT

KALIMANTAN SELATAN

KALIMANTAN TENGAH

NUSA TENGGARA TIMUR

KALIMANTAN BARAT

KALIMANTAN SELATAN

KALIMANTAN TENGAH

KALIMANTAN TIMUR

KALIMANTAN UTARA

GORONTALO

SULAWESI SELATAN

SULAWESI TENGGARA

SULAWESI TENGAH

SULAWESI UTARA

SULAWESI BARAT

MALUKU

MALUKU UTARA

PAPUA

PAPUA BARAT

PAPUA SELATAN

PAPUA TENGAH

PAPUA PEGUNUNGAN

Iklan Halaman Depan