Page Nav

HIDE

Left Sidebar

TO-LEFT

Pentingnya Membangkitkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini

Pentingnya Membangkitkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini Pemerintah tengah menggalakkan kegiatan kewirausahaan dalam upaya untuk meningka...

Pentingnya Membangkitkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini
Pemerintah tengah menggalakkan kegiatan kewirausahaan dalam upaya untuk meningkatkan kemandirian warga negara Indonesia. Keinginan pemerintah ini bukan tanpa alasan. Indonesia adalah negara yang sangat luas, dengan kekayaan alam yang luar biasa dengan jumlah penduduk yang sangat banyak sehingga potensi wirausaha besar sekali. Selain menggiatkan kewirausahaan lewat pemberdayaan UKM, pemerintah juga mulai merambah ke dunia pendidikan, dengan mencanangkan kegiatan kewirausahaan masuk ke sekolah-sekolah. 

SD Muhammadiyah 08 Plus Duren Sawit melalui Kepala Sekolahnya, Evi Diana Riyanti, S.Ag menyambut baik upaya yang dilakukan oleh pemerintah dengan memperkenalkan dunia wirausaha pada para siswanya sehingga mereka akan mampu menjadi seorang studentpreneur, dimana mereka akan berwirausaha tanpa meninggalkan kegiatan belajarnya sebagai tugas utama. Untuk melancarkan programnya pihak sekolah menggandeng Universitas Muhammdiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) yang menerjunkan satu Tim yang dipimpin oleh Novanita W.Arini, MPd beserta beberapa mahasiswa untuk memperkenalkan kewirausahaan pada para siswa hingga pada tahap pendampingan. 

Kegiatan ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 08 Plus, 2 kali dalam sebulan yaitu pada hari jum’at di minggu kedua dan keempat. Langkah awalnya adalah memberikan teori tentang studentpreneur dan praktek pembuatan prakarya untuk skala siswa sekolah dasar pada para guru kelas yang nantinya juga akan berperan sebagai mentor buat siswanya. Saat ini program yang dijalankan tengah sampai pada tahap pendampingan dimana para siswa dibimbing secara langsung oleh guru kelasnya beserta Tim dari UHAMKA.
 
Pentingnya Membangkitkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini
Saat ini sudah mulai kelihatan hasilnya, dimana beberapa siswa sudah muncul bakatnya. Ada yang menonjol dalam pembuatan produk-produk sederhana seperti aneka kreasi dari pita, kancing, resleting, tanah liat dan kertas origami. Selain itu ada pula yang pandai berjualan produk buatan teman-temannya. Beberapa siswa yang menyukai digital belajar untuk menjadi youtuber, seiring makin maraknya youtuber cilik. Kegiatan yang dimulai sejak bulan Mei 2019 ini masih berlangsung sampai sekarang. Diharapkan para siswa yang sudah belajar tentang kewirausahaan sejak dini akan menyukai dunia wirausaha dan menjadi pengusaha yang tangguh di kemudian hari sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.