Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Muhammadiyah Banyak Melahirkan Kader Bangsa

Muhammadiyah Banyak Melahirkan Kader Bangsa Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti mengatakan bahwa Muhammadiyah telah banyak...

Muhammadiyah Banyak Melahirkan Kader Bangsa
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti mengatakan bahwa Muhammadiyah telah banyak melahirkan kader bangsa yang kemudian menjadi tokoh penting dalam sejarah lahirnya bangsa Indonesia, seperti presiden pertama Indonesia Soekarno, penjahit bendera merah putih Fatmawati, anggota Pandu Hizbul Wathan Jenderal Soedirman, dan tokoh BPUPKI Ki Bagus Hadikusumo. 

“Hanya NU yang tidak dilahirkan oleh Muhammadiyah” ujarnya yang disambut tawa para peserta dialog.

Hal itu disampaikan saat menjadi pembicara Dialog Peradaban Bangsa, Islam, dan TNI yang diselenggarakan DPP PA GMNI di Jakarta (Senin, 22/7). Acara tersebut bertemakan Siapa Melahirkan Republik Harus Berani Mengawalnya.

Menanggapi pernyataan tersebut, Sekretaris Jenderal PBNU Helmy Faishal Zaini mengatakan,  bahwa pendiri Budi Utomo, Dr Soetomo mengakui tentang peran pesantren jauh sebelum pemerintahan Hindia Belanda mendirikan sekolah, pesantren telah menjadi sumber pengetahuan dan mata air ilmu bagi masyarakat.

"Meskipun (NU) berdirinya tahun 26 (1926), tapi pemikiran, gagasan tentang bagaimana bangsa ini insya Allah telah mendahului Muhammadiyah yang berdiri 1912," kata Sekjen Helmy disambut tawa peserta dialog.

Muhammadiyah Banyak Melahirkan Kader Bangsa
Lebih lanjut Abdul Mu'ti menyampaikan, Indonesia rumah untuk semua golongan dengan menempatkan Pancasila sebagai konsensus yang final.Jika dikaitkan dengan peradaban, kata dia, "tarikannya" terletak pada Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.
Menurut Mu'ti, Muhammadiyah bertanggung jawab terhadap itu semua. "Muhammadiyah bertanggung jawab sejak awal Pancasila milik kita bersama. Dalam rumusan Muktamar Muhammadiyah ke 47 Negara Pancasila sebagai  Darul Ahdi Wasy Syahadah," kata Mu'ti.

"Konsensus segala bangsa harus hadir di dalamnya memberi makna kehadiran kita kemudian memberi kontribusi negara yang sesuai cita-cita bangsa alinea keempat pembukaan UUD 1945 ikut mencerdaskan kehidupan bangsa," lanjutnya. 

Selanjutnya Helmy mengatakan 
"Kebijakan seorang pemimpin itu terkait langsung dengan kemaslahatan. Siapa pun jadi pemimpin sepanjang lahirnya kemaslahatan di masyarakat, kita dukung. Kita semua bersyukur meskipun suasana memanas Jokowi-Prabowo telah menunjukkan kelas kenegarawanannya dengan memberikan pendidikan politik," ucapnya

Sedangkan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan TNI tidak lahir secara ujug-ujug melainkan melalui proses panjang. Mantan Panglima TNI itu mengatakan, sebelum disahkan menjadi TNI oleh Bung Karno, para prajurit ikut berjuang melawan penjajah dalam wadah bernama Tentara Rakyat.
Menurut Moeldoko, sejak awal TNI bersama kalangan nasionalis dan agama bagaikan tiga serangkai yang tidak bisa dipisahkan mengawal berdirinya Republik Indonesia. Peran ini, katanya, semakin harmonis hingga sekarang. "Apakah tiga-tiganya eksis? Tidak perlu diragukan kalau bicara Islam, jelas perjuangan bagian dari iman. Kalau kita lihat kelompok nasionalis, kalau tidak ada nasionalis ambruk. Posisi nasionalis ini bisa bertahan dari tarikan kanan kiri," tutur Moeldoko.

Pembicara lainnya Hasto Kristiyanto, Sekjen PDI Perjuangan memberikan pandangan yang progresif tentang peradaban bangsa. Kalangan nasionalis dikatakannya sangat membutuhkan TNI, NU, Muhammadiyah dan lembaga atau organisasi keagamaan lainya.

Kami berpendapat akar pembentuk republik ini harus kerjasama yang sinergis sebagaimana yang disampaikan Bung Mu'ti dan Bung Faisal. Dengan demikian, ketika saat ini bicara nama-nama menteri bahwa menjadi menteri bukan ambisi orang per orang," ungkapnya. 

Acara dibuka secara resmi oleh Ahmad Basarah, Wakil Ketua MPR RI yang juga ketua umum PA GMNI.  Menurut Basarah, kami sengaja menghadirkan tiga narasumber tersebut karena dianggap mewakili spektrum kebangsaan dan memiliki kontribusi lahirnya bangsa Indonesia, yakni kalangan nasionalis, Islam dan TNI. (FA)

WISATA

BISNIS

HIBURAN

OLAHRAGA

ACEH

SUMATERA UTARA

SUMATERA BARAT

RIAU

KEPULAUAN RIAU

JAMBI

BENGKULU

SUMATERA SELATAN

BANGKA BELITUNG

LAMPUNG

BANTEN

JAWA BARAT

JAKARTA

JAWA TENGAH

YOGYAKARTA

JAWA TIMUR

BALI

NUSA TENGGARA BARAT

NUSA TENGGARA TIMUR

KALIMANTAN BARAT

KALIMANTAN SELATAN

KALIMANTAN TENGAH

NUSA TENGGARA TIMUR

KALIMANTAN BARAT

KALIMANTAN SELATAN

KALIMANTAN TENGAH

KALIMANTAN TIMUR

KALIMANTAN UTARA

GORONTALO

SULAWESI SELATAN

SULAWESI TENGGARA

SULAWESI TENGAH

SULAWESI UTARA

SULAWESI BARAT

MALUKU

MALUKU UTARA

PAPUA

PAPUA BARAT

PAPUA SELATAN

PAPUA TENGAH

PAPUA PEGUNUNGAN

Iklan Halaman Depan