Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

ZIS untuk Pengembangan Microfinance Umat

Lazismu.org Kemiskinan sudah ada sejak peradaban dunia ini muncul. sudah merupakan sunatullah dalam perputaran kehidupan umat manusia. ...


Lazismu.org
Kemiskinan sudah ada sejak peradaban dunia ini muncul. sudah merupakan sunatullah dalam perputaran kehidupan umat manusia.

Ragam cara dan metode oleh umat manusia dalam menanggulangi kemiskinan silih berganti namun tak mampu menuntaskan atau menghilangkan kemiskinan di muka bumi ini. Karena memang Allah ingin menguji manusia siapa saja yang paling bertakwa di sisi-Nya. Ibarat kemiskinan dan kekayaan yang menghampiri manusia merupakan ujian yang harus dilalui oleh umat manusia, apakah mereka makhluk yang bersyukur atau bahkan sebaliknya menjadi kufur.

Kekayaan membuat dirinya semakin dermawan dalam membantu sesamanya di jalan Allah namun adanya  kemiskinan membuat dirinya semakin bersabar serta tidak  larut menjauh beribadah kepada Allah.

Hal ini senada dengan hadist *kemiskinan mendekatkan pada kekufuran* walaupun beberapa ulama berpendapat bahwa hadist ini lemah namun tidak adanya salahnya dapat digunakan karena adanya relevansi dengan kehidupan umat sekarang ini.

Karena himpitan ekonomi tidak sedikit berpindahnya suatu aqidah seseorang kepada aqidah/ agama lain ditukar dengan beberapa kardus makanan instant atau pemberian hadiah yang secara rutin diterimanya.

Menurut penulis kemiskinan muncul disebabkan oleh beberapa sebab akibat di bawah ini:

*1. Bencana musibah*
      Potensi dan sumber kegiatan ekonomi terhambat akibat kehilangan sebagian atau seluruh sumber potensi ekonomi, kehilangan sanak family sebagai tulang punggung ekonomi keluarga  akibat natural disaster, kecelakaan dan lain-lain.

*2. Peperangan*
      Peperangan berakibat pada hancurnya potensi dan sarana dan prasarana kegiatan ekonomi. Selain itu peperangan juga menyebabkan kehilangan sanak keluarga yang menjadi tulang punggung penghasilan keluarga.

*3. Kebijakan & Sistim Ekonomi*
      Kebijakan dan Sistim ekonomi dapat juga jadi sumber terbentuknya kemiskinan abadi yang berakibat pada ketidakmampuan para fakir miskin keluar dari lingkaran kemiskinan. Misal kebijakan moneter  dan keuangan  yang  tidak berpihak pada basis ekonomi mikro rakyat merupakan salah penyebabnya.

*4. Keterbatasan*
      Serba terbatas merupakan istilah yang tepat melekat pada kemiskinan. Mereka serba terbatas terhadap hal-hal sebagai berikut terbatas modal, terbatas ketrampilan, terbatas skill dan pendidikan, terbatas akses pasar tapi mereka belum tentu terbatas atas semangat juang untuk survive dari.kehidupan sehari-harinya. Hal ini terbukti dari mereka berjibaku mengais rezeki, misal: bekerja sebagai pemulung, pedagang kelililing, buruh dan lain-lain.

Menghadapi problematika seputar pengentasan  kemiskinan sebenarnya Islam telah mengatur dan memberikan solusinya bagi mau berpikir dan concern serta peduli.
*(bersambung)*

Jakarta, Minggu 30/06/2019
Deni Nuryadin
Dosen & Direktur Lazismu Uhamka

WISATA

BISNIS

HIBURAN

OLAHRAGA

ACEH

SUMATERA UTARA

SUMATERA BARAT

RIAU

KEPULAUAN RIAU

JAMBI

BENGKULU

SUMATERA SELATAN

BANGKA BELITUNG

LAMPUNG

BANTEN

JAWA BARAT

JAKARTA

JAWA TENGAH

YOGYAKARTA

JAWA TIMUR

BALI

NUSA TENGGARA BARAT

NUSA TENGGARA TIMUR

KALIMANTAN BARAT

KALIMANTAN SELATAN

KALIMANTAN TENGAH

NUSA TENGGARA TIMUR

KALIMANTAN BARAT

KALIMANTAN SELATAN

KALIMANTAN TENGAH

KALIMANTAN TIMUR

KALIMANTAN UTARA

GORONTALO

SULAWESI SELATAN

SULAWESI TENGGARA

SULAWESI TENGAH

SULAWESI UTARA

SULAWESI BARAT

MALUKU

MALUKU UTARA

PAPUA

PAPUA BARAT

PAPUA SELATAN

PAPUA TENGAH

PAPUA PEGUNUNGAN

Iklan Halaman Depan