Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Majelis Tarjih dan MPM Adakan Workshop Fikih Difabel

YOGYAKARTA, MENARA62.COM — Majelis Tarjih dan Majelis Pemberdayaan Masyarakat adakan workshop fikih difabel. Kedua majelis PP Muhammadiyah ...

YOGYAKARTA, MENARA62.COM — Majelis Tarjih dan Majelis Pemberdayaan Masyarakat adakan workshop fikih difabel. Kedua majelis PP Muhammadiyah ini menilai, perhatian masyarakat dan pemerintah terhadap kalangan difabel masih sangat minim. Dibuktikan dengan minimnya fasilitas publik yang ramah difabel. Termasuk tempat ibadah dan ruang publik yang harusnya bisa diakses oleh siapa pun.

Situs suaramuhammadiyah.id Senin (3/12/2018) melansir, Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah pencerahan selalu berusaha untuk memposisikan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya yang mulia. Derajat kemanusiaan kerap direndahkan. Terlebih bagi kaum mustadl’afin sebagai kelompok rentan yang perlu diberdayakan. Di antara kelompok rentan tersebut adalah para penyandang disabilitas. Dibeberapa tempat, Muhammadiyah ikut membina dan mendampingi komunitas ini. Namun, pendampingan yang dilakukan masih belum memiliki panduan sesuai paham agama menurut Muhammadiyah.

Dalam rangka itu, Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah bekerjasama dengan Majelis Pemberdayaan Masyarakat PP Muhammadiyah menyelenggarakan Workshop Fikih Difabel, pada 2 Desember 2018. Hal ini merupakan wujud pelaksanaan dari beberapa hasil keputusan PP Muhammadiyah tentang dakwah komunitas.

Fikih Difabel diharapkan menjadi suatu acuan khusus yang memuat pandangan Islam terhadap disabilitas, pemenuhan dan perlindungan hak penyandang disabilitas, hingga kebutuhan fikih difabel yang mencakup aspek ibadah, muamalah, dan akhlak. Woskhop ini dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari para akademisi, praktisi, dan ahli agama.

Kegiatan ini diselenggarakan di Auditorium Pusat Tajih Muhammadiyah di kompleks Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, dengan menghadirkan beberapa narasumber. Di antaranya Prof M Amin Abdullah yang akan mengupas fikih difabel dalam perspektif filosofis dan normatif, Dr MA Fattah Santoso yang memaparkan tentang fikih difabel dalam perspektif fikih Muhammadiyah, Dr Arif Maftuhin yang mengurai fikih difabel perspektif HAM, Nuning Suryaningsih yang mempresentasikan fikih difabel dari perspektif psikologi-sosiologi, serta narasumber lainnya. Termasuk dari Center for Disability and Humanity Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, yang memaparkan tentang fikih difabel dari perpektif kesehatan.

Dengan mengundang narasumber utama dari berbagai latar belakang lintas perspektif, workshop ini diharapkan mampu merangkum semua permasalahan terkait difabel. Kegiatan ini dilaksanakan dua sesi, pemaparan narasumber dan pembahasan per kelompok sesuai perspektif keilmuan. Hasil dari workshop ini menjadi bahan awal untuk menyusun kerangka Fikih Difabel yang akan difinalisasi dalam Musyawarah Tarjih Muhammadiyah yang yang ke-31 tahun 2020.

The post Majelis Tarjih dan MPM Adakan Workshop Fikih Difabel appeared first on Menara62.



from Menara62 https://ift.tt/2RvsX6r
via gqrds

WISATA

BISNIS

HIBURAN

OLAHRAGA

ACEH

SUMATERA UTARA

SUMATERA BARAT

RIAU

KEPULAUAN RIAU

JAMBI

BENGKULU

SUMATERA SELATAN

BANGKA BELITUNG

LAMPUNG

BANTEN

JAWA BARAT

JAKARTA

JAWA TENGAH

YOGYAKARTA

JAWA TIMUR

BALI

NUSA TENGGARA BARAT

NUSA TENGGARA TIMUR

KALIMANTAN BARAT

KALIMANTAN SELATAN

KALIMANTAN TENGAH

NUSA TENGGARA TIMUR

KALIMANTAN BARAT

KALIMANTAN SELATAN

KALIMANTAN TENGAH

KALIMANTAN TIMUR

KALIMANTAN UTARA

GORONTALO

SULAWESI SELATAN

SULAWESI TENGGARA

SULAWESI TENGAH

SULAWESI UTARA

SULAWESI BARAT

MALUKU

MALUKU UTARA

PAPUA

PAPUA BARAT

PAPUA SELATAN

PAPUA TENGAH

PAPUA PEGUNUNGAN

Iklan Halaman Depan